Kamis, 12 Oktober 2017

Pengantar Manajemen





  1. Jelaskan 6 major approaches manajement, (sejarah manajemen, bantuan ada pada power poin )
jawaban :
·         scientific management , adalah manjemen yang menggunakan ilmu dan scientic methode, sedangkan scientic method adalah suatu pendekatan yang tepat terhadap suatu objek ilmu yang tujuan utamanya adalah untuk menambah pengetahuan yang sudah ada , scientific manajemen memiliki cicri-ciri sebagai berikut
1. tersusun secara sistematis atau teratur
2. dapat dipelajari dan diajarkan
3. menggunakan metode-metode ilmiah
4. dapat dijadikan suatu teori
5.objektif dan rasional
(https://sukasayurasem.wordpress.com/2013/06/28/scientific-management)
·         general administrative theory,adalah teori umum mengenai apa yang dilakukan oleh para manajer dan bagaimana cara membentuk praktik manajemen yang baik. Sumbangan penting untuk teori ini datang dari industrialis Perancis Henri Fayol dengan 14 prinsip manajemen-nya dan sosiolog Jerman Max Weber dengan konsep birokrasi—bentuk organisasi yang dicirikan oleh pembagian kerja, hierarki yang didefinisikande dengan jelas, peraturan dan ketetapan rinci, dan sejumlah hubungan impersonal
Teori dalam Administrasi
(http://generaladministrator.blogspot.co.id/)
·         management quantitative
(http://evifitriyani12.blogspot.co.id/2010/05/pengertian-management.html)
TEORI MANAJEMEN KUANTITATIF (QUANTITATIVE MANAGEMENT APPROACH)
Membentuk matematika yang mempunyai simulasi dari masalah terjadi.
1. Management Science: pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas keputusan dengan menggunakan model matematis dan metode statistic.
2. Operations Management: pengaturan produksi dan penyampain produk dan jasa organisasi.Beberapa contoh model manajemen operasi adalah: pengendalian persediaan(EOQ), analisa break Even, dan linear programming.
3. Management Information system: membuat dan menerapkan system informasi berbasis computer untuk digunakan oleh manajemen.
·         Organizational behavior,adalah adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi).
Perilaku organisasi juga dikenal sebagai Studi tentang organisasi. Studi ini adalah sebuah bidang telaah akademik khusus yang mempelajari organisasi, dengan memanfaatkan metode-metode dari ekonomi, sosiologi, ilmu politik, antropologi dan psikologi. Disiplin-disiplin lain yang terkait dengan studi ini adalah studi tentang Sumber daya manusia dan psikologi  industry serta      perilaku  organisasi,

·         System approach,adalah Suatu proses yang dengan kebutuhan diidentifikasi, problem dipilih, syarat –syarat pemecahan problem diindentifikasi, pemecahan dipilih dari beberapa alternaltif, metode dan alat dicari dan diterapkan, hasil dievaluasi, dan revisi yang diperlukan terhadap seluruh bagian dari sistem tersebut dilaksanakan, sedemikian rupa sehingga kebutuhan tersebut dapat tercapai.
·         Contingency approach adalah Pendekatan situasional atau kontingensi didasarkan pada asumsi bahwa keberhasilan seorang pemimpin selain ditentukan oleh sifat-sifat dan perilaku pemimpin juga dipengaruhi oleh situasi yang ada dalam organisasi.
Ada beberapa studi kepemimpinan yang didasarkan pada pendekatan ini, antara lain model kepemimpinan kontingensi Fiedler, teori kepemimpinan tiga dimensi dan teor
ii kepemimpinan situasi.
(://belajar-kepemimpinan.blogspot.co.id/2008/10/pendekatan-situasional.html)


Sejarah manajemen
Beberapa ahli berpendapat awal mula sejarah manajemen tidak mempunyai sejarah pra-modern, dan hanya merupakan pertanda. Beberapa ahli yang lain mengemukakan bahwa sejak dulu telah terdeteksi tindakan tindakan atau aktivitas yang mirip manajemen pada masa pra modern akhir.
Piramida Mesir, salah satu contoh adanya aktivitas yang paling tidak terdeteksi sebagai manajemen. Piramida Mesir dibangun oleh ratusan ribu orang dalam rentang waktu 20 tahun lamanya. Bisa dibayangkan jika piramida tersebut dibangun tanpa ilmu manajemen, sulit rasanya untuk terealisasi. Dalam pembangunan piramida tersebut telah dilakukan perencanaan, pengorganisasian para pekerja dan bahan baku, memimpin serta mengarahkan para pekerja, menegakkan pengendalian untuk menjamin semuanya berjalan dengan yang telah direncanakan sebelumnya.

Sejarah Perkembangan Manajemen


Ahli Manajemen Daniel Wren, membagi fase fase perkembangan ilmu manajemen kedalam empat tahapan, mulai dari tahap pemikiran awal. era manajemen sains, fase manusia sosial, serta era modern

Pemikiran Awal Manajemen


Ilmu Manajemen pada sebelum abad 20 terjadi 2 peristiwa yang cukup penting.

Peristiwa pertama tahun 1776 saat Adam Smith memunculkan doktrin ekonomi klasic "The Wealth of Nation yang dalam buku yang ia terbitkan mengemukakan tentang keungulan ekonois yang akan didapat oleh organisasi atas pembagian kerja. Pembagian kerja atau division of labor ini oleh Adam Smith yaitu mengenai perincian pekerjaan pekerjaan kepada tugas yang lebih spesifik serta berulang. Dengan meneliti sebuah industri pabrik peniti sebagai penelitian, Adam Smith mengungkapkan bahwa dengan 10 orang menjalankan tugas khusus perusahaan bisa memproduksi sekitar 48 ribu peniti dalam sehari, namun apabila tiap orang bekerja sendiri menyelesaikan pada tiap tiap bagian dari pekerjaan, menghasilkan 10 peniti saja sehari sudah sangat bagus. Adam Smith berkesimpulan bahwa suatu pembagian kerja bisa meningkatkan tingkat produktifitas dengan :
  1. Menghemat waktu
  2. Menigkatkan keterampilan para pekerja
  3. Menciptakan mesin serta penemuan yang lain yang bisa menghemat tenaga kerja


Peristiwa yang ke-2 adalah terjadinya Revolusi Industri di Britania. Revolusi industri ini ditandai dengan banyaknya penggunaan mesin yang mengantikan peran manusia yang kemudian mengakibatkan perpindahan aktivitas produksi yang awalnya dari rumah kerumah menuju tempat yang khusus untuk produksi yang kita kenal sebagai "pabrik". Akibat kejadian ini membuat para manajer kala itu memerlukan teori yang bisa membantu dalam meramalkan permintaan, kecukupan bahan baku, memberikan tugas tugas untuk bawahan, mengarahkan aktivitas sehari hari dan yang lainnya sehingga menyebabkan ilmu manajemen kemudian mulai dikembangkan oleh ahli.

(http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/02/sejarah-manajemen-dan-perkembangan.html)
2.      Sebutkan dan jelaskan 14 prinsip manajemen oleh fayol, serta jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen system tertutup dan manajemen system terbuka beserta contohnya
jawaban :

·         Pembagian kerja
pembagian kerja dilakukan dalam rangka spesialisasi dengan  spesialisasi pekerjaan dapat dilaksanakan dengan efisien

·         wewenang (authority )dan tanggung jawab (responsibility )
setiap manajer harus memiliki wewenang atau otoritas agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar, wewenang adalah hak menentukan sesuatu keputusan yang berkaitan dengan tanggungjawab

·         disiplin (discipline )
discipline merupakan sikap patuh dan taat pada aturan dan kesepakatan yang berlaku, setiap anggota harus disiplin dan patuh pada peraturan organisasi, untuk menegakkan disiplin pemimpin bisa memberikan teguran pada pegawai yang bersalah (malas)

·         kesatuan perintah (unity of command )
untuk setiap tindakan, seseorang pegawai harus menerima intruksi-intruksi dari seorang atasan saja

·         kesatuan arah (unity direction)
untuk menghindari ketidakjelasan pekerjaan-pekerjaan yang memiliki tujuan yang sama sebaiknya direncanakan dan dikendalikan oleh seorang manajer bukan beberapa manajer

·         mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi (subordination of individual interest  to the common good)
dalam sebuah perusahaan, kepentingan individu tidak boleh diatas kepentingan perusahaan,siapapun yang bergabung wajib mengutamakan kepentingan bersama(organisasi) dibandingkan individu

·         pemberian upah (remuneration )
pemberian upah kepada pegawai harus berdasarkan prestasi kerja atau jabatannya , pemberian upah harus sesuai dan adil bagi setiap pegawai

·         pemusatan ( centralization )
adalah pengambilan keputusan dengan lebih banyak menggunakan pertimbangan atasan, walaupun manajer memikul tanggung jawab terbesar tapi manajer harus tetap member wewenang dan kesempatan pada bawahan untuk mengembangkan diri

·         jenjang jabatan (the hierarchy )
jenjang jabatan pada suatu organisasi dapat dilihat dari struktur (bagan organisasi)struktur tersebut akan menunjukan jenjang atau tingkatan jabatan dari bawah ke atas

·         t ata tertib (order)
agar terciptanya ,maka tata tertib harus dijalankan dalam hal ini harus ada tempat untuk menampung semua hal dan semua orang

·         keadilan atau kesamaan (equity)
keadilan maksudnya memberikan sesuatu  kepada orang lain sesuai dengan haknya masing-masing, semua manajer harus bersikap adil tidak membeda-bedakan pada seluruh kariawan

·         kestabilan staf (stability of staff )
manajemen harus mengusahakan agar staff tidak sering berganti-ganti atau pindah kerja sehingga mengganggu kinerja perusahaan

·         inisiatif (initiative)
pegawai atau bawahan perlu diberi kebebasan berinisiatif( membuat keputusan sendiri )dalam rangka  mendukung kegiatan perusahaan sepanjang tidak merugikan organisasi

·         semangat korps (esprit de corps)
untuk mempersatukan anggota perlu digalakan semangat kelompok dalam hal ini komunikasi lisan dianggap lebih efektif disbanding komunikasi tertulis

pengertian manajemen system tertutup, adalah suatu system yang setiap kegiatan dan keadaan perusahaan tidak diberitahukan kepada siapapun baik itu rekan bisnis ataupun bawahannya sekalipun, manajer tidak menginformasikan apakah perusahaan tersebut untung atau rugi , yang diketahui oleh kariawan hanyalah mengerjakan apa yang diperintahkan, keputusan yang diambil dalam setiap tindakan tanpa melibatkan partisipasi dan musyawarah dari bawahannya.
kelebihan
·         privacy dan keadaan perusahaan hanya diketahui oleh pemimpin dan sekretarisnya saja sehingga sangat terjamin
·         pengambilan keputusan lebih cepat dan tidak memerlukan waktu lama
·         perusahaan lain tidak dapat mengetahui  keadaan perusahaan tersebut
kelemahan
·         para kariawan tidak mengetahui apakah untung dan rugi perusahan tersebut
·         ketika terjadi masalah dan tidak dapat dipecahka, maka yang menanggung beban tersebut hanyalah pimpinan saja , sehingga terasa berat dan sulit untuk diselesaikan karena tidak ada yang membantu memikulnya
·         tidak adanya penerus-penerus yang berbakat yang dianggap mampu melanjutkan tongkat estafet perusahaan tersebut
·         bawahan hanya bersikap masa bodoh dan tidak mau ambil pusing dengan apa yang terjadi terhadap perusahaan sehingga tidak menimbulkan rasa kebersamaan
·         tidak dapat memicu kreativitas karyawannya Karena ia tidak melihat hasil dari kerja kerasnya, apakah hasinya optimal atau kurang optimal untuk melanjutkan perusahaanya

pengertian manajemen system terbuka (open management ),adalah manajer lebih terbuka terhadap bawahannya, ia mengkomformasikan karyawannya apa yang harus diketahui oleh bawahannya , tapi tetap pada batasan-batasan tertentu, rahasia perusahaan pun tidak disampaikan pada seluruh golongan dan kedudukan bawahan tersebut, artinya jika ia masih golongan bawah rahasia perusahaan pun tidak diketahui hanya sedikit, begitu juga sebaliknya.
kebaikan
·         para bawahannya ikut memikirkan kondisi-kondisi perusahaan
·         para bawahan akan mengacu kreativitasnya untuk memberikan yang terbaik
·         para bawahan merasa mendapat pendidikan dan pengarahan sehingga terjadi pembentukan generasi yang terampil
·         menimbulkan persaingan yang sehat antara bawahan, sehingga mereka berlomba –lomba menunjukkan hasil kerja yang terampil
·         akan menimbulkan sikap kerja sama saling tolong-menolong dan sikap kebersamaan yang harmonis antar bawahan

kelemahan
·         pengambilan keputusan terkesan lambat dan tidak meyakinkan
·         rahasia perusahaan tidak terjamin karena memungkinkan ada salah satu pihak yang membocorkannya yang menginginkan perusahaan tersebut hancur dan bangkrut
·         kecakapan dan kepemimpinan manajer akan lebih mudah diketahui oleh seluruh bawahannya sehingga wibawanya sebagai seorang pemimpin akan berkurang
·         akan timbul sikap penilaian positif atau negative terhadap pola piker dan tingkah laku pemimpinnya
conton sistem manajemen tertutup
Contoh:
Perusahaan tertutup adalah perusahaan yang saham2 tidak tercatat dan tidak diperdagangkan di bursa saham. Perusahaan ini biasanya semacam “CV”, “CV” merupakan perusahaan yang masih dikelolah secara mandiri dan tidak terlalu dituntut tranparansi seperti perusahan (PT) terbuka.

Contoh sistem manajemen terbuka
Contoh:
PT ASABRI (Persero) adalah Badan Usaha MIlik Negara yang berdiri pada tanggal 1 Agustus 1971, dimana pada awalnya berada di bawah Menteri Keuangan (Menkeu) yang mewakili Pemerintah selaku Pemegang Saham Negara dan juga sebagai Pembina dan Pengawas Usaha Perasuransian. Kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 1998 dan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2001 selaku Pemegang Saham Negara dialihkan dari Menteri Keuangan ke Menteri Negara BUMN.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Pertama Menggunakan Layanan Aplikasi Gojek....

Pengalaman Pertama Menggunakan Layanan Aplikasi Gojek Pertama sekali saya menggunakan aplikasi ini berhubung pada saat motor saya bocor...