Tugas 1
1.
Tuliskan
pengertian manajemen dari para ahli (minimal 3 para ahli, boleh menulis lebih
dari 3 para ahli ) dan jelaskan mengapa kita mempelajari ilmu manajemen (
bantuan ada di power point robin 01
jawaban
:
·
Nickels, mc hugh
and Hugh ( 1997 )
sebagaimana
yang dikemukakan bahwa manajemen ‘’ the process used to accomplish
organizational goals through planning, organizing,directing and controlling
people and other organizational resources ( manajemen adalah sebuah proses yang
di lakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan
melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan dan
pengendalian orang- orang serta sumber daya organisasi lainnya ( dikutip dari buku : pengnatar manajemen
edisi ke-6 karangan : ernie tisnawati, kurniawan saefullah )
·
Luther qulick
pengertian
manajemen dari segi ilmu pengetahuan, bahawasanya manajemen adalah bidang
pengusaha yang berusaha secara sistemats untuk memahami m bagangapa dan
bagaimana manusia bekerjasaama untuk menghasilkan suatu yang bermanfaat bagi
kemanusiaan
·
James A.F Stotier
pengertian
manajememen dari segi proses, bahwasanya manajemen adalah proses perencanaan
pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan kegiatan anggota tujuan pengguna
organisasi yang telah ditentukan
·
Mary parker follet
pengertian
manajemen ditinjau dari seni (art), bahwasanya manajemen adalah seni dalam
menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain ( the art getting things done,
through the others )
·
Ricky W griffin
mendenifisikan manajemen adalah sebuah proses perencanaan
pengorganisasian,dan pengkoordinasian melakukan suatu ( diakses
dari Https :/bursanom.com/penegertian
manajemen –para ahli) tgl 28 February 2016
·
Lawrence A. appley
berpendapat
bahwa manajemen adalah keahlian untuk menggerakkan orang agar melakukan sesuatu
(( diakses dari Https :/bursanom.com/penegertian manajemen
–para ahli) tgl 28 February 2016
·
George R.Terry
manajemen
adalah proses yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian
menggerakkan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapaoi
sasaran-sasaran yang telah ditetapkan
(diakses dari Https;/indraratmaprastiyanto.wordpress.com weblog ) tgl 28
February 2016
Mengapa kita harus mempelajari
manajemen ?
karena menurut saya, manajemen
sangat diperlukan sebagai upaya agar kegiatan suatu organisasi atau bisnis
dapat berjalan secara efektif dan efisien, manajemen dapat menentukan berhasil
atau tidaknya sebuah bisnis, mempelajari manajemen juga membantu kita menjadi
seorang manajer yang efektif dalam mengelola organisasi yang semakin kompleks
Ada
3 hal yang menyebabkan kita harus mempelajari manajemen
- The universality of
management ( good management is needed in all organizations ) manajemen yang baik dibutuhkan dalam
semua organisasi
- The reality of work (
employees either manage or are managed ) para karyawan yang baik mengelola
atau di kelola
- Rewards and challenges of
being a manager ( imbalan dan tantangan menjadi seorang manajer)
·
manajemen
menawarkan atau memberikan tantangan serta kreativitas
·
manajemen
adalah kesempatan untuk pekerjaan yang bermakna serta memuaskan
·
manajer
yang sukses akan manejemen imbalan yang signifikan atas usaha mereka
- Jelaskan 3 tingkat manajer
serta contohnya
jawaban
dikutip dari buku pengantar
manajemnen , karangan Ernie tisnawati, Kurniawan saefullah
·
manajer
tingkat atas ( top manager ), adalah manajer jenjang manajer tertinngi yang
bertugas menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing interaksi
organisasi dengan lingkungan contohnya: ceo, direktur utama, presiden, atau
wakil direktur
·
manajer
tingkat menngah ( middle manager ) yaitu biasanya memimpin suatu devisi atau
departemen yang tugasnya menegembangkan rencana-rencana operasional dan
menjalankan tugas-tugas yang telah ditentukan oleh manajer puncak contohnya : kepala
devisi, para manajer, atau kepala cabang
·
manajer
supervisi /tingkat pertama supervisory of first line, adalah manajemen yang
bertugas menjalankan rencana-rencana yang dibuat oleh manjemen menengah selain
itu juga bertugas mengawasi para pekerja dan bertanggugjawab pada manajer
menengah contohnya : terdiri dari para supervise, ketua kelompok
·
manajer
nonsupervisi/ non supervisory management, yaitu terdiri dari para tenaga kerja
tingkat bawah pada umumnya seperti buruh
dan kuli bangunan
- Jelaskan fungsi-fungsi
manajemen
jawaban:
di kutip dari buku pengantar manajemen karangan Ernie
tisnawati,Kurniawan saefullah
menurut Nickles and mc hugh
(1991) terdiri dari empat fungsi yaitu
·
perencanaan
atau planning, yaitu proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk
mengantisipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan
taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi, diantara
kecendurungan dunia bisnis sekarang, misalnya bagaimana merencanakan bisnis
yang rama lingkungan, bagaimana merancang organisasi bisnis yang mampu bersaing
dalam persaingan global, an lain
sebagainya
·
pengorganisasian
atau organizing, yaitu suatu proses yang menyangkut bagaimana yang strategi dan
taktik yang telah dirumuskan dalam
perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan
tangguh atau system lingkungan organisasi yang kondusif atau bisa memastikan
bahwa semua pihak lain dlam organisasi bisa bekerja secara efektif dan efesien
guna pencapaian tujuan organisasi
·
pengimplementasikan
atau directing, yaitu proses program
agar bisa dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses motivasi
agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawab dengan penuh
kesadaran dan produktvitas yang tinggi
·
pengendalian
dan pengawasan atau controlling, yaitu suatu proses yang dilakukan untuk
memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan di organisasikan
dan di implementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang diharapkan
sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang
dihadapi
- Jelaskan skill yang
dibutuhkan oleh manager dan skill mana yang dibutuhkan oleh setiap tingkat
manajer (bantuan ada 3 skill contohnya top manager paling penting memiliki
skill apa )
(dikutip
dari buku pengantar manajemen karangan Estie tisnawtati sule, kurniawan
saefullah )
jawaban
:
skil-skil
yang dibutuhkan oleh seorang manajer
·
keahlian
skill (technical skill ), yaitu keahlian yang diperlukan untuk melakukan
pekerjaan spesifik tertentu, seperti mengoperasikan computer mendesain bangunan, membuat layout perusahaan dan lain
sebagainya
·
keahlian
berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat (human relation skills ),yaitu
keahlian dalam memahami dan melakukan
interaksi dengan berbagai jenis orang di masyarakat, diantara contoh
keahlian ini adalah keahlian dalam bernegoisasi, memotivasi, meyakinkan orang
dan lain sebagainya
·
keahlian
konseptual ( conceptual skills ), yaitu keahlian dalam berpikitr secara
abstrak,sistematis, termasuk di dalamnya mendiagnosa dan menganalisis berbagai
masalah dalam situasi yang berbeda-beda, bahkan keahlian untuk memprediksi di masa yang akan dating
·
keahlian
dalam pengambilan keputusan (decision making skills ), yaitu keahlian untuk
mengidentifikasikan masalah sekaligus menawarkan berbagai alternative solusi
atas permasalahan yang dihadapi
·
keahlian
dalam mengelola waktu ( time management skills ) yaitu keahlian dalam
memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien
beberapa
keahlian lain saat ini juga menjadi keahlian yang diperlukan dalam manajemen
dan pengelolaan bisnis, terutama jika dikaitkan dengan persaingan bisnis
global, di antara keahlian tersebut adalah
sebagai berikut :
- keahlian dalam manajemnen
global (global management skills)n yaitu keahlian manajerial yang tidak
saja terfokus pada satu keadaan di Negara tertentu, akan tetapi juga
lintas Negara bahkan lintas budaya
- keahlian dalam hal teknologi
( technological skills ) yaitu keahlian manajerial dala,m mengikuti dan
menguasai berbagai perkembangan teknologi yang terjadi
keahlian
yang harus di miliki oleh seorang manajer
1. manajer puncak (top manager),
untuk manajer puncak keahlian yang harus dimiliki adalah keahlian dalam hal
konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen global dan manajemen
waktu
2. manajer tingakat menengah (
middle manager ) keahlian yang di perlukan di antaranya adalah keahlian
konseptual,komunikasi, serta juga teknikal
3. manajer supervisory, tingkat pertama
atau supervisory or first line, yaitu keahlian yang diperlukan adalah keahlian
komunikasi waktu serta teknikal
4. manajer non supervisory keahlian
yang dibutuhkan yaitu keahlian teknikal. komunikasi serta manajemen waktu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar