Kamis, 12 Oktober 2017

PENGANTAR MANAJEMEN

Tugas  1
1.       Tuliskan pengertian manajemen dari para ahli (minimal 3 para ahli, boleh menulis lebih dari 3 para      ahli ) dan jelaskan mengapa kita mempelajari ilmu manajemen ( bantuan ada di power point robin 01
jawaban :
·         Nickels, mc hugh and Hugh ( 1997 )
sebagaimana yang dikemukakan bahwa manajemen ‘’ the process used to accomplish organizational goals through planning, organizing,directing and controlling people and other organizational resources ( manajemen adalah sebuah proses yang di lakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan dan pengendalian orang- orang serta sumber daya organisasi lainnya ( dikutip dari buku : pengnatar manajemen edisi ke-6 karangan : ernie tisnawati, kurniawan saefullah )

·         Luther qulick
pengertian manajemen dari segi ilmu pengetahuan, bahawasanya manajemen adalah bidang pengusaha yang berusaha secara sistemats untuk memahami m bagangapa dan bagaimana manusia bekerjasaama untuk menghasilkan suatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan

·         James A.F Stotier
pengertian manajememen dari segi proses, bahwasanya manajemen adalah proses perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan kegiatan anggota tujuan pengguna organisasi yang telah ditentukan

·         Mary parker follet
pengertian manajemen ditinjau dari seni (art), bahwasanya manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain ( the art getting things done, through the others )

·         Ricky  W griffin
mendenifisikan  manajemen adalah sebuah proses perencanaan pengorganisasian,dan pengkoordinasian melakukan suatu  ( diakses dari  Https :/bursanom.com/penegertian manajemen –para ahli) tgl 28 February 2016

·         Lawrence A. appley
berpendapat bahwa manajemen adalah keahlian untuk menggerakkan orang agar melakukan sesuatu (( diakses dari  Https :/bursanom.com/penegertian manajemen –para ahli) tgl 28 February 2016

·         George R.Terry
manajemen adalah proses yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian menggerakkan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapaoi sasaran-sasaran yang telah ditetapkan (diakses dari Https;/indraratmaprastiyanto.wordpress.com weblog ) tgl 28 February 2016
Mengapa kita harus mempelajari manajemen ?
karena menurut saya, manajemen sangat diperlukan sebagai upaya agar kegiatan suatu organisasi atau bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien, manajemen dapat menentukan berhasil atau tidaknya sebuah bisnis, mempelajari manajemen juga membantu kita menjadi seorang manajer yang efektif dalam mengelola organisasi yang semakin kompleks
Ada 3 hal yang menyebabkan kita harus mempelajari manajemen
  1. The universality of management ( good management is needed in all organizations  ) manajemen yang baik dibutuhkan dalam semua organisasi
  2. The reality of work ( employees either manage or are managed ) para karyawan yang baik mengelola atau di kelola
  3. Rewards and challenges of being a manager ( imbalan dan tantangan menjadi seorang manajer)
·         manajemen menawarkan atau memberikan tantangan serta kreativitas
·         manajemen adalah kesempatan untuk pekerjaan yang bermakna serta memuaskan
·         manajer yang sukses akan manejemen imbalan yang signifikan atas usaha mereka

  1. Jelaskan 3 tingkat manajer serta contohnya
jawaban
dikutip dari buku pengantar manajemnen , karangan Ernie tisnawati, Kurniawan saefullah
·         manajer tingkat atas ( top manager ), adalah manajer jenjang manajer tertinngi yang bertugas menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing interaksi organisasi dengan lingkungan contohnya: ceo, direktur utama, presiden, atau wakil direktur

·         manajer tingkat menngah ( middle manager ) yaitu biasanya memimpin suatu devisi atau departemen yang tugasnya menegembangkan rencana-rencana operasional dan menjalankan tugas-tugas yang telah ditentukan oleh manajer puncak contohnya : kepala devisi, para manajer, atau kepala cabang

·         manajer supervisi /tingkat pertama supervisory of first line, adalah manajemen yang bertugas menjalankan rencana-rencana yang dibuat oleh manjemen menengah selain itu juga bertugas mengawasi para pekerja dan bertanggugjawab pada manajer menengah contohnya : terdiri dari para supervise, ketua kelompok

·         manajer nonsupervisi/ non supervisory management, yaitu terdiri dari para tenaga kerja tingkat bawah pada umumnya seperti  buruh dan kuli bangunan

  1. Jelaskan fungsi-fungsi manajemen
jawaban:
di kutip dari buku pengantar manajemen karangan Ernie tisnawati,Kurniawan saefullah
menurut Nickles and mc hugh (1991) terdiri dari empat fungsi yaitu
·         perencanaan atau planning, yaitu proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi, diantara kecendurungan dunia bisnis sekarang, misalnya bagaimana merencanakan bisnis yang rama lingkungan, bagaimana merancang organisasi bisnis yang mampu bersaing dalam persaingan global, an lain  sebagainya
·         pengorganisasian atau organizing, yaitu suatu proses yang menyangkut bagaimana yang strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam  perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh atau system lingkungan organisasi yang kondusif atau bisa memastikan bahwa semua pihak lain dlam organisasi bisa bekerja secara efektif dan efesien guna pencapaian tujuan organisasi
·         pengimplementasikan atau directing, yaitu proses  program agar bisa dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses motivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawab dengan penuh kesadaran dan produktvitas yang tinggi
·         pengendalian dan pengawasan atau controlling, yaitu suatu proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan di organisasikan dan di implementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi


  1. Jelaskan skill yang dibutuhkan oleh manager dan skill mana yang dibutuhkan oleh setiap tingkat manajer (bantuan ada 3 skill contohnya top manager paling penting memiliki skill apa )
(dikutip dari buku pengantar manajemen karangan Estie tisnawtati sule, kurniawan saefullah )
jawaban :
skil-skil yang dibutuhkan oleh seorang manajer
·         keahlian skill (technical skill ), yaitu keahlian yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu, seperti mengoperasikan computer mendesain  bangunan, membuat layout perusahaan dan lain sebagainya
·         keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat (human relation skills ),yaitu keahlian dalam memahami dan melakukan  interaksi dengan berbagai jenis orang di masyarakat, diantara contoh keahlian ini adalah keahlian dalam bernegoisasi, memotivasi, meyakinkan orang dan lain  sebagainya
·         keahlian konseptual ( conceptual skills ), yaitu keahlian dalam berpikitr secara abstrak,sistematis, termasuk di dalamnya mendiagnosa dan menganalisis berbagai masalah dalam situasi yang berbeda-beda, bahkan keahlian untuk  memprediksi di masa yang akan dating
·         keahlian dalam pengambilan keputusan (decision making skills ), yaitu keahlian untuk mengidentifikasikan masalah sekaligus menawarkan berbagai alternative solusi atas permasalahan yang dihadapi
·         keahlian dalam mengelola waktu ( time management skills ) yaitu keahlian dalam memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien
beberapa keahlian lain saat ini juga menjadi keahlian yang diperlukan dalam manajemen dan pengelolaan bisnis, terutama jika dikaitkan dengan persaingan bisnis global, di antara keahlian tersebut adalah  sebagai berikut :
  • keahlian dalam manajemnen global (global management skills)n yaitu keahlian manajerial yang tidak saja terfokus pada satu keadaan di Negara tertentu, akan tetapi juga lintas Negara bahkan lintas budaya
  • keahlian dalam hal teknologi ( technological skills ) yaitu keahlian manajerial dala,m mengikuti dan menguasai berbagai perkembangan teknologi yang terjadi
keahlian yang harus di miliki oleh seorang manajer
1.       manajer puncak (top manager), untuk manajer puncak keahlian yang harus dimiliki adalah keahlian dalam hal konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen global dan manajemen waktu
2.       manajer tingakat menengah ( middle manager ) keahlian yang di perlukan di antaranya adalah keahlian konseptual,komunikasi, serta juga teknikal
3.       manajer supervisory, tingkat pertama atau supervisory or first line, yaitu keahlian yang diperlukan adalah keahlian komunikasi waktu serta teknikal
4.       manajer non supervisory keahlian yang dibutuhkan yaitu keahlian teknikal. komunikasi serta manajemen waktu






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Pertama Menggunakan Layanan Aplikasi Gojek....

Pengalaman Pertama Menggunakan Layanan Aplikasi Gojek Pertama sekali saya menggunakan aplikasi ini berhubung pada saat motor saya bocor...