Jumat, 06 Oktober 2017

Business Communication


KOMUNIKASI BISNIS 

Image result for gambar komunikasi bisnis



1. Kemukakan pendapatmu mengenai akibat positif dan akibat negatif yang diperoleh organisasi dari komunikasi formal maupun informal yang terjadi dalam sebuah organisasi...
 Jawaban :

Sebelumnya kita harus tau apa itu komunikasi formal dan komunikasi informal bukan ?
Komunikasi formal 
Komunikasi formal adalah komunikasi yang terjadi diantara organisasi atau perusahaan yang tata caranya sudah diatur dalam struktur organisasinya, contohnya seminar, workshop, atau rapat sebuah organisasi tertentu.



Adapun dampak positif dari komunikasi formal sebagai berikut :
  1. Dengan adanya komunikasi formal, sebagian karyawan bisa tau batasan mereka dalam sebuah organisasi, mereka dapat bersikap lebih sopan didepan atasan mereka, disiplin dalam bekerja, sopan serta teratur, dengan begitu akan terciptanya keharmonisan tersendiri bagi sebuah organisasi tersebut.
  2. Dengan adanya komunikasi formal, akan terciptanya hubungan bisnis yang baik bagi pihak-pihak kepentingan dan setiap anggota organisasi dapat melaksanakan pekerjaannya secara lebih pasti.
  3. Dengan adanya komunikasi formal kita dapat menetapkan dan menyebarluaskan tujuan perusahaan ,serta kita dapat menyusun rencana untuk menyelasaikan tujuan organisasi.
  4. Dengan adanya komunikasi formal sebuah organisasi dapat mengorganisasikan SDM dengan secara efektif dan efisien.
Adapun dampak negati dari komunikasi formal sebagai berikut :
  1. Dapat membuat jarak antara satu sama lain disebabkan oleh adanya batasan tertentu.
  2. Penggunaan kata-kata baku membuat suasana kaku atau tidak santai.
Komunikasi Informal
Komunikasi informal adalah komunikasi antara orang yang ada dalam suatu organisasi akan tetapi tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi.

Adapun dampak postif dari komunikasi informal sebagai berikut :
  1. Untuk memelihara hubungan sosial persahabatan kelompok informal.
  2. Komunikasi informal dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sosial.
  3. Dapat mempengaruhi orang lain, misalkan dari segi promosi.
  4. Dapat mengatasi kelambatan komunikasi formal yang biasanya cenderung kaku dan harus melalui berbagai jalur terlebih dahulu.
Adapun dampak negatif dari komunikasi informal sebagai berikut :
  1. Sifat informasi yang tidak akurat dan tidak jelas, sering bersifat pribadi, seperti isu bahkan gosip.
  2. Terkadang bisa menyebar. dan menimbulkan keresahan antar karyawan dalam organisasi.
  3. Informasi dalam komunikasi informal  biasanya timbul dari kerumunan sehingga kita tidak dapat percaya penuh terhadap informasi yang telah kita dapat.
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Pertama Menggunakan Layanan Aplikasi Gojek....

Pengalaman Pertama Menggunakan Layanan Aplikasi Gojek Pertama sekali saya menggunakan aplikasi ini berhubung pada saat motor saya bocor...